RSS

Aceh Selatan Butuh Alat Peringatan Tsunami

TAPAKTUAN – Gempa bumi yang mengguncang Provinsi Aceh dan sekitarnya beberapa waktu lalu ternyata telah memunculkan keprihatinan dari sejumlah kalangan. Sebab saat terjadinya gempa, masyarakat terlihat panik dan pontang panting berlarian ke gunung tanpa terkoordinir. Menghindari terjadi hal-hal, anggota DPRK Aceh Selatan H Ridwan A Rachman MMT mengatakan sudah semestinya di Kabupaten Aceh Selatan dibangun sarana perlindungan dan penyediaan alat pendeteksi gempa, dan peringatan tsunami.

“Hal itu untuk mencegah jatuhnya korban jiwa yang lebih banyak, mengingat Aceh Selatan yang sangat berdekatan dengan laut ini tergolong rawan terjadinya tsunami jika terjadinya gempa besar. Oleh karenanya kami berharap kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk dapat memberi perhatian terhadap daerah ini dengan cara membangun sarana perlindungan dan penyediaan alat pendeteksi gempa,” kata Ir H Ridwan A Rachman MMT, menyahuti usulan yang disampaikan masyarakat kepadanya.

Menurutnya, kedua sarana tersebut sangat dibutuhkan di Aceh Selatan yang notabenenya berada di pesisir pantai Samudera Hindia, sehingga masyarakat lebih terkoordinir.

“Tujuannya, jika terjadi gempa bumi yang berpotensi tsunami masyarakat akan lebih cepat mengetahui, demikian juga dengan penanganan evakuasi warga akan lebih mudah dilakukan,” kata Ridwan A Rachman.

Dikatakannya, alat pendeteksi dan fasilitas perlindungan yang perlu disediakan di Aceh Selatan paling kurang di lima titik, yaitu Tapaktuan, Labuhanhaji, Sawang/Meukek, Kluet Selatan dan Bakongan. Sebab di lima titik yang disebutkan itu sangat dekat dengan laut, sehingga jika terjadinya gempa bumi pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan akan lebih mudah berkoordinasi secara berantai dan melakukan evakuasi dengan cepat.(tz)

Editor : bakri

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda kepada Kami